MUSIK FADO PORTUGIS

MUSIK FADO
Asal gaya musik Portugis
Asal-usul budaya abad ke-19 awal Lisbon , Portugal
Instrumen khas gitar Portugis , gitar klasik
Bentuk derivatif Coimbra Fado

Fado ( pengucapan bahasa Portugis: [ Fadu ], " takdir, nasib " ) adalah genre musik yang dapat ditelusuri ke tahun 1820-an di Portugal, tapi mungkin dengan asal-usul jauh lebih awal. Sejarawan fado dan sarjana Rui Vieira Nery menyatakan bahwa "satu-satunya informasi yang dapat dipercaya tentang sejarah Fado itu secara lisan dan akan kembali ke 1820-an dan 1830-an di terbaik. Tetapi bahkan informasi yang sering diubah dalam proses transmisi generasi yang membuatnya menghubungi kami hari ini. "Dalam kepercayaan populer, fado adalah bentuk musik yang ditandai dengan lagu-lagu sedih dan lirik, sering tentang laut atau kehidupan orang miskin, dan diresapi dengan sentimen karakteristik pengunduran diri, fatefulness dan melankolis (longgar ditangkap oleh yang wordsaudade, atau "kerinduan"). Namun, meskipun asal-usul sulit untuk melacak, hari ini fado dianggap, oleh banyak orang, hanya sebagai bentuk lagu yang bisa mengenai apa saja, tetapi harus mengikuti struktur tertentu. Musik ini biasanya terkait dengan saudade kata Portugis yang melambangkan rasa kehilangan (a, rusaknya permanen dan kerusakan seumur hidup akibat nya). Penyanyi terkenal dari fado termasuk Amalia Rodrigues, Dulce Pontes, Carlos do Carmo, Mariza, Mafalda Arnauth, António Zambujo, Ana Moura dan Cristina Branco .

Gitar Portugis
Kata Fado berasal dari kata Latin Fatum, dari mana kata nasib bahasa Inggris juga berasal. Kata ini terkait dengan genre musik itu sendiri dan, meskipun kedua arti yang kurang lebih sama dalam dua bahasa, speaker Portugis jarang memanfaatkan fado kata mengacu pada takdir atau nasib.
Istilah Vates berarti iman (iman) yang diberikan kepada penyair, yang fata Skandinavia (untuk menulis musik) dan nama Perancis fatiste, juga berarti penyair telah dikaitkan dengan fadista istilah.


Sejarah
Fado hanya muncul setelah tahun 1830 di Lisbon. Saat itu diperkenalkan di distrik pelabuhan seperti Alfama, Mouraria dan Bairro Alto.
Ada banyak teori tentang asal-usul Fado. Beberapa melacak asal-usulnya atau pengaruh untuk "Cantigas de amigo" (teman songs).
Fado pemain di pertengahan abad ke-19 terutama dari kelas pekerja perkotaan dan pelaut, yang tidak hanya bernyanyi, tetapi juga menari dan mengalahkan fado. Selama paruh kedua abad ke-19, ritme Afrika akan menjadi kurang penting, dan para pemain menjadi hanya penyanyi.


Maria Severa - Fado - Singer (1820-1846)
Fado dengan demikian umumnya dinyanyikan oleh satu orang yang disebut fadista, dan biasanya disertai dengan gitar Portugis dan gitar klasik.
Fadista paling terkenal abad ke-19 adalah Maria Severa .
Baru-baru ini Amalia Rodrigues, yang dikenal sebagai "Rainha do Fado" ("Queen of Fado") adalah yang paling berpengaruh dalam mempopulerkan fado di seluruh dunia. pertunjukan Fado hari ini dapat disertai dengan kuartet string atau orkestra penuh.

Varietas fado
Ada dua varietas utama fado, yaitu orang-orang dari kota-kota Lisbon dan Coimbra. The Lisbon gaya yang lebih populer, sementara Coimbra adalah gaya yang lebih klasik. Fado modern populer di Portugal, dan telah menghasilkan banyak musisi ternama. Menurut tradisi, untuk bertepuk tangan fado di Lisbon Anda bertepuk tangan, sementara di Coimbra satu batuk seolah-olah membersihkan tenggorokan seseorang .

Lisbon Fado
Sejarah Awal
Lahir di konteks populer tahun 1800-an Lisbon, Fado hadir di saat-saat ramah dan rekreasi. Happening spontan, pelaksanaannya berlangsung di dalam ruangan atau di luar rumah, di kebun, bullfights, retret, jalan-jalan dan gang, bar, kafe de camareiras dan casas de Meia-porta. Membangkitkan tema urban munculnya, menyanyikan narasi harian, Fado secara mendalam terkait dengan konteks sosial diperintah oleh marginalitas dan pelanggaran dalam fase pertama, berlangsung di lokasi yang dikunjungi oleh pelacur, Faias, pelaut, kusir dan marialvas. Sering terkejut dalam penjara, aktornya - penyanyi - dijelaskan pada gambar Faia, seorang pria penyanyi fado, pengganggu dari suara kasar dan serak dengan tato dan terampil dengan pisau film yang berbicara menggunakan bahasa gaul . Seperti yang akan kita lihat , asosiasi fado untuk sebagian lingkup marjinal masyarakat pasti akan membuat intelektual Portugis menolaknya mendalam .

Contoh fado kedai khas di Museum theFado, Lisbon
Menyatakan persekutuan ruang ludis antara aristokrasi bohemian dan pinggiran paling disfavoured penduduk Lisbon, sejarah fado mengkristal menjadi mitos episode dari hubungan asmara antara Hitungan Vimioso dan Maria Severa Onofriana (1820-1846), seorang pelacur disucikan oleh bakat menyanyi, yang akan segera berubah menjadi salah satu mitos terbesar dari Sejarah Fado. Dalam gambar berturut-turut dan suara reprises, acuan untuk keterlibatan antara bangsawan bohemian dengan pelacur fado bernyanyi akan melintasi beberapa puisi yang dinyanyikan dan bahkan bioskop dan teater atau seni visual - dimulai dengan novel A Severa, oleh Júlio Dantas, diterbitkan pada tahun 1901 dan diangkut ke layar perak pada 1931 - film suara Portugis lebih dulu, disutradarai oleh Leitão de Barros.
Fado juga akan menaklukkan tanah dalam acara meriah yang terhubung ke kalender kota populer, pihak kebaikan atau cegadas - amatir dan populer presentasi teater umumnya dilakukan oleh laki-laki di jalan, di malam prestasi, dan asosiasi populer. Meskipun semacam ini presentasi adalah bentuk menghibur terkenal Lisbon Carnival, menikmati dukungan populer dan sering dengan karakter intervensi yang kuat, peraturan sensor pada tahun 1927 sangat tapi ireversibel akan berkontribusi pada kepunahan jenis acara .
The Teatro de Revista [ semacam teater vaudeville ], sebuah genre teater khas dari Lisbon lahir pada tahun 1851, akan segera menemukan potensi fado itu. Pada tahun 1870, fado mulai muncul dalam adegan musik dan dari sana proyek itu sendiri untuk khalayak yang lebih luas . Konteks Lisbon sosial dan budaya, dengan lingkungan yang khas, dan bohemia, diasumsikan protagonisme mutlak di Teatro de Revista. Naik ke tahap teater, fado akan menghidupkan Revista, mengembangkan tema baru dan melodi. Teatro de Revista didalangi dan penuh dengan refrain. Fado akan dinyanyikan oleh aktris terkenal, dan penyanyi fado ternama, menyanyikan repertoar mereka. Dua pendekatan yang berbeda untuk fado akan menjadi tercatat dalam sejarah: fado menari bergaya oleh Francis dan fado dibicarakan João Villaret. Seorang tokoh sentral dalam sejarah Fado, Herminia Silva menaklukkan ketenaran pada tahap teater di tahun 1930-an dan 1940-an, menambahkan hadiah bernyanyi jelas dia orang-orang dari aktris lucu dan revisteira .



0 Response to "MUSIK FADO PORTUGIS"

Posting Komentar