Asal gaya musik
Portugis
Asal-usul budaya
abad ke-19 awal Lisbon , Portugal
Instrumen khas
gitar Portugis , gitar klasik
Bentuk derivatif
Coimbra Fado
Fado ( pengucapan
bahasa Portugis: [ Fadu ], " takdir, nasib " ) adalah genre musik
yang dapat ditelusuri ke tahun 1820-an di
Portugal, tapi mungkin dengan asal-usul jauh lebih awal. Sejarawan fado
dan sarjana Rui Vieira Nery menyatakan bahwa "satu-satunya informasi yang
dapat dipercaya tentang sejarah Fado itu secara lisan dan akan kembali ke
1820-an dan 1830-an di terbaik. Tetapi bahkan informasi yang sering diubah
dalam proses transmisi generasi yang membuatnya menghubungi kami hari ini. "Dalam kepercayaan populer, fado adalah bentuk
musik yang ditandai dengan lagu-lagu sedih dan lirik, sering tentang laut atau
kehidupan orang miskin, dan diresapi dengan sentimen karakteristik pengunduran
diri, fatefulness dan melankolis (longgar ditangkap oleh yang wordsaudade, atau
"kerinduan"). Namun, meskipun asal-usul sulit untuk melacak,
hari ini fado dianggap, oleh banyak orang, hanya sebagai bentuk lagu yang bisa
mengenai apa saja, tetapi harus mengikuti struktur tertentu. Musik ini biasanya
terkait dengan saudade kata Portugis yang melambangkan rasa kehilangan (a, rusaknya
permanen dan kerusakan seumur hidup akibat nya). Penyanyi terkenal dari fado
termasuk Amalia Rodrigues, Dulce Pontes, Carlos do Carmo, Mariza, Mafalda
Arnauth, António Zambujo, Ana Moura dan Cristina Branco .
Gitar Portugis
Kata Fado berasal
dari kata Latin Fatum, dari mana kata nasib bahasa Inggris juga berasal. Kata
ini terkait dengan genre musik itu sendiri dan, meskipun kedua arti yang kurang
lebih sama dalam dua bahasa, speaker Portugis jarang memanfaatkan fado kata
mengacu pada takdir atau nasib.
Istilah Vates
berarti iman (iman) yang diberikan kepada penyair, yang fata Skandinavia (untuk
menulis musik) dan nama Perancis fatiste, juga berarti penyair telah dikaitkan
dengan fadista istilah.
Sejarah
Fado hanya muncul
setelah tahun 1830 di Lisbon. Saat itu diperkenalkan di distrik pelabuhan
seperti Alfama, Mouraria dan Bairro Alto.
Ada banyak teori
tentang asal-usul Fado. Beberapa melacak asal-usulnya atau pengaruh untuk
"Cantigas de amigo" (teman songs).
Fado pemain di
pertengahan abad ke-19 terutama dari kelas pekerja perkotaan dan pelaut, yang
tidak hanya bernyanyi, tetapi juga menari dan mengalahkan fado. Selama paruh
kedua abad ke-19, ritme Afrika akan menjadi kurang penting, dan para pemain
menjadi hanya penyanyi.
Maria Severa - Fado
- Singer (1820-1846)
Fado
dengan demikian umumnya dinyanyikan oleh satu orang yang disebut fadista, dan
biasanya disertai dengan gitar Portugis dan gitar klasik.
Fadista paling
terkenal abad ke-19 adalah Maria Severa .
Baru-baru ini
Amalia Rodrigues, yang dikenal sebagai "Rainha do Fado" ("Queen
of Fado") adalah yang paling berpengaruh dalam mempopulerkan fado di
seluruh dunia. pertunjukan Fado hari ini dapat disertai dengan kuartet string
atau orkestra penuh.
Varietas fado
Ada dua varietas
utama fado, yaitu orang-orang dari kota-kota Lisbon dan Coimbra. The Lisbon
gaya yang lebih populer, sementara Coimbra adalah gaya yang lebih klasik. Fado
modern populer di Portugal, dan telah menghasilkan banyak musisi ternama.
Menurut tradisi, untuk bertepuk tangan fado di Lisbon Anda bertepuk tangan,
sementara di Coimbra satu batuk seolah-olah membersihkan tenggorokan seseorang
.
Lisbon Fado
Sejarah Awal
Lahir di konteks
populer tahun 1800-an Lisbon, Fado hadir di saat-saat ramah dan rekreasi.
Happening spontan, pelaksanaannya berlangsung di dalam ruangan atau di luar
rumah, di kebun, bullfights, retret, jalan-jalan dan gang, bar, kafe de
camareiras dan casas de Meia-porta. Membangkitkan tema urban munculnya,
menyanyikan narasi harian, Fado secara mendalam terkait dengan konteks sosial
diperintah oleh marginalitas dan pelanggaran dalam fase pertama, berlangsung di
lokasi yang dikunjungi oleh pelacur, Faias, pelaut, kusir dan marialvas. Sering
terkejut dalam penjara, aktornya - penyanyi - dijelaskan pada gambar Faia,
seorang pria penyanyi fado, pengganggu dari suara kasar dan serak dengan tato
dan terampil dengan pisau film yang berbicara menggunakan bahasa gaul . Seperti
yang akan kita lihat , asosiasi fado untuk sebagian lingkup marjinal masyarakat
pasti akan membuat intelektual Portugis menolaknya mendalam .
Contoh fado kedai khas di Museum theFado, Lisbon
Menyatakan
persekutuan ruang ludis antara aristokrasi bohemian dan pinggiran paling
disfavoured penduduk Lisbon, sejarah fado mengkristal menjadi mitos episode
dari hubungan asmara antara Hitungan Vimioso dan Maria Severa Onofriana
(1820-1846), seorang pelacur disucikan oleh bakat menyanyi, yang akan segera
berubah menjadi salah satu mitos terbesar dari Sejarah Fado. Dalam gambar
berturut-turut dan suara reprises, acuan untuk keterlibatan antara bangsawan
bohemian dengan pelacur fado bernyanyi akan melintasi beberapa puisi yang
dinyanyikan dan bahkan bioskop dan teater atau seni visual - dimulai dengan
novel A Severa, oleh Júlio Dantas, diterbitkan pada tahun 1901 dan diangkut ke
layar perak pada 1931 - film suara Portugis lebih dulu, disutradarai oleh
Leitão de Barros.
Fado juga akan
menaklukkan tanah dalam acara meriah yang terhubung ke kalender kota populer,
pihak kebaikan atau cegadas - amatir dan populer presentasi teater umumnya
dilakukan oleh laki-laki di jalan, di malam prestasi, dan asosiasi populer.
Meskipun semacam ini presentasi adalah bentuk menghibur terkenal Lisbon
Carnival, menikmati dukungan populer dan sering dengan karakter intervensi yang
kuat, peraturan sensor pada tahun 1927 sangat tapi ireversibel akan
berkontribusi pada kepunahan jenis acara .
The Teatro de
Revista [ semacam teater vaudeville ], sebuah genre teater khas dari Lisbon
lahir pada tahun 1851, akan segera menemukan potensi fado itu. Pada tahun 1870,
fado mulai muncul dalam adegan musik dan dari sana proyek itu sendiri untuk
khalayak yang lebih luas . Konteks Lisbon sosial dan budaya, dengan lingkungan
yang khas, dan bohemia, diasumsikan protagonisme mutlak di Teatro de Revista.
Naik ke tahap teater, fado akan menghidupkan Revista, mengembangkan tema baru
dan melodi. Teatro de Revista didalangi dan penuh dengan refrain. Fado akan
dinyanyikan oleh aktris terkenal, dan penyanyi fado ternama, menyanyikan
repertoar mereka. Dua pendekatan yang berbeda untuk fado akan menjadi tercatat
dalam sejarah: fado menari bergaya oleh Francis dan fado dibicarakan João
Villaret. Seorang tokoh sentral dalam sejarah Fado, Herminia Silva menaklukkan
ketenaran pada tahap teater di tahun 1930-an dan 1940-an, menambahkan hadiah
bernyanyi jelas dia orang-orang dari aktris lucu dan revisteira .
0 Response to "MUSIK FADO PORTUGIS"
Posting Komentar